Riia cintya

MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG

Kamis, 08 Maret 2012

menginstal ubuntu 10.11


Instalasi Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)

15NOV
dvc slid
Desktop Ubuntu 10.10
Halo pembaca! Ubuntu 10.10 telah dirilis di tanggal yang unik, 10-10-2010, serba sepuluh :) . Saya terakhir menggunakan ubuntu 9.10 (karmic koala), ketika Ubuntu 10.04 dirilis, saya gak begitu tertarik, soalnya lagi asik pake PCLinuxOS 2010, hehehehe… Ketika Maverick meerkat dirilis, saya langsung pesan CD dari shipit. Oiya, bagi yang masih belum paham bagaimana cara instalasi OS Linux, berikut sedikit tutorial dari saya :) .
Persiapan
Sebelum instalasi linux, alangkah baiknya lakukan back up data-data penting ke media eksternal, demi keamanan. Siapakan 2 partisi untuk digunakan Ubuntu, untuk system dan swap. Partisi swap tidak perlu terlalu besar, cukup 2x besar ram yang dipakai. Pastikan sistem yang anda gunakan telah memenuhi spek minimum yang disarankan Canonical, yaitu Intel/AMD prosesor, ram 256mb, 4GB HDD. Pada posting kali ini, saya menggunakan netbook acer aspire one 531h dengan spesifikasi Intel Atom 280, 1GB DDR2, 160GB HDD. Oke, mari kita mulai….
Instalasi
Masukan CD Ubuntu ke cd/dvd room, pastikan boot priority di cd/dvd room, karena kita akan melakukan booting melalui media CD. Setelah Ubuntu booting, kita akan ditawari ‘Install Ubuntu’ atau ‘Try Ubuntu’. Bagi yang ingin mencoba Ubuntu melalui LiveCD, dapat memilih opsi ‘Try Ubuntu’, bagi yang merasa yakin untuk langsung instalasi, pilih Install Ubuntu. Setelah memilih instal ubuntu, akan ada tampilan seperti dibawah ini….
Screenshot
Pemilihan Bahasa, Silahkan pilih bahasa yang anda kehendaki :) , klik forward.
Screenshot-1
Ubuntu akan mengecek apakah system kita sudah memenuhi syarat untuk instalasi Ubuntu, kebetulan netbook saya tidak terhubung dengan internet. Bagi yang terhubung denganh internet dapat memberi tanda cek pada opsi ‘Download updates while installing’ dan ‘Install this third-party software’ yang berupa plugin mp3. klik forward.
Screenshot-2Tiba saatnya untuk mempersiapkan partisi untuk instalasi, pilih ‘Specify partition manually’
Screenshot-3
Akan tampil daftar partisi yang tersedia pada sistem, pilih partisi yang teah kita siapkan, klik change
Screenshot-4
Gunakan file system ‘EXT4 journaling file system’, beri tanda cek pada opsi format the partition. Mount point untuk sistem adalah ‘/’. Lakukan hal yang sama untuk partisi swap, bedanya, file sistem pada swap rartition adalah swap. klik ok. setelah semuanya benar, klik Install Now.
Screenshot-5  Selagi instalasi berjalan, silahkan pilih zona waktu tempat anda tinggal.  saya memilih ‘jakarta’ (GMT +7) untuk Waktu Indonesia Barat. klik forward.
Screenshot-6
Masukan identitas user account mulai dari nama, nama komputer, username hingga passwordnya. pada opsi bagian bawah, saya memilih ‘require my password to log in’, yang artinya setiap login ke sistem ubuntu, kita wajib memasukan password akun. Jika tidak ingin memasukan password, pilih ‘log in automatically’, klik forward.
Screenshot-7Instalasi berjalan, kurang lebih 10-15 menit, tergantung spesifikasi komputer yang digunakan.
Screenshot-8
Ubuntu telah selesai diinstall, pilih restart now
venom

1 komentar: